Kamis, 02 Agustus 2007

Hilangnya Nilai Persaudaraan

Assalamu'alaikum wr.wb.

Dalam tulisan edisi kedua ini saya ingin membahas masalah sesuai judul diatas " Hilangnya nilai persaudaraan didalam hidup bermasyarakat.

Hilang, dalam arti sudah tidak punya atau lepas atau kehilangan sesuatu yang bernilai baik dalam bentuk materi'il maupun spiritual.

Mengapa hal ini bisa terjadi dalam kehidupan bermasyarakat seperti saat ini.....? hal tersebut disebabkan oleh beberapa sebab antara lain :
Adannya system materialis didalam kehidupan bermasyarakat dimana setiap individu manusia dalam melaksanakan kehidupannya selalu diukur dengan unsur kebendaan dalam hal ini benda yang dimaksud adalah "UANG" sehingga setiap manusia berlomba lomba atau bekerja hanya untuk mendapatkan uang semata dan kalau sudah mendapatkan uang seakan sudah berhasil dengan apa yang dicinta dan citakan. karena dengan uang segala sesuatu bisa didapatkan.
inilah system materialis dimana segala sesuatu diukur dengan nilai materi.

Apabila kita bertanya kepada sesorang apa tujuanmu bekerja mereka kebanyakan menjawab mencari Uang, untuk apa uang yang kamu dapat .....? Untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Didalam pertanyaan tersebut diatas berlaku untuk mayoritas manusia yang hidup dimuka bumi jadi hanya Uang, uang dan uanglah yang mereka cari untuk memenuhi kebutuhan hidupnya padahal kalo kita kaji lebih dalam mengenai tujuan hidup manusia yang sebenarnya adalah untuk mengabdikan seluruh kehidupannya kepada yang berhaq yaitu ALLOH SWT.
mengapa kita mengabdikan diri dalam kehidupan kita kepada ALLOH SWT...karena harus kita akui dengan kesadaran yang tinggi bahwa sesungguhnya hidup dan mati setiap yang bernyawa ini haq mutlak milik ALLOH SWT. sehingga bila kita saling menyadari bahwa tujuan hidup kita ini sama sama kepada ALLOH berarti kita harus saling tolong menolong harus saling ingat mengingatkan kepada sesama. dalam arti panduan hidup kita sudah ditentukan oleh ALLOH melalui rosulnya yaitu Muhammad SAW. tidak ada perbedaan dalam menempuh kehidupan didunia bagi yang lebih harus memberi kepada yang kekurangan bagi yang mengalami kekurangan juga harus labih giat untuk melaksanakan pekerjaan begitu seterusnya, berarti tidak bisa dipungkiri bahwasannya tujuan hidup kita itu sama.

Sifat individualitas harus kita hilangkan dan sifat kebersamaan harus kita tanamkan. sifat ingin menang sendiri harus kitasingkirkan dan sifat kekeluargaan harus kita laksanakan.

Mari kita hilangkan sifat materialistis dan menuju sifat saling membutuhkan.

demikian artikel mudah-mudahan bermanfaat

Wasalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar: